Thursday 24 March 2016

Taman tabebuya

Taman Tabebuya yang belum lama ini dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) oleh Pemerintah Daerah (Pemprov) DKI Jakarta merupakan salah satu ruang publik yang berfungsi bagi masyarakat. Taman seluas sekitar satu hektar tersebut menjadi ruang hijau taman kota. Yang terletak di jalan Mohammad Kahfi 1, Ciganjur, Jakarta selatan. tepatnya di pertigaan turunan rumah Dr. Herman Susilo di Jagakarsa. Dahulu tempat ini sangat rimbun dan banyak yang mengatakan angker, kalau mengambil istilah orang jawa mengatakan “ndas-ndasan rowo” atau sudut dari sebuah rawa, disini terdapat sungai sungai kecil yang airnya mengalir dan menyatu ke Kali Krukut.

Tidak tahu pasti kenapa memilih nama “Taman Tabebuya”, mungkin karena di taman ini di tanami pohon Tabebuya yang bunganya mirip dengan bunga Sakura. Tabebuya (Chrysotricha) adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman Sakura, karena bila berbunga bentuk mirip seperti bunga sakura. Pohon Tebebuya memiliki kelebihan diantaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbungan maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Untuk Mengisi waktu libur di Taman Kota menjadi daya tarik tersendiri. Warga yang datang dari sekitar kawasan Ciganjur serta Jagakarsa dan sekitarnya merasa antusias. Hal itu terlihat ketika keluarga bermain di taman tersebut pada sore hari. Fasilitas permaianan anak - anak seperti ayunan, jungkat - jungkit, monkey bar, korsel dan lain - lainnya serta kolam ikan menjadi daya tarik bagi para pengunjung Taman Tabebuya. Biasanya baru terlihat ramai pada sore hari atau pada hari Minggu, banyak penduduk sekitar yang sengaja datang untuk menikmati suasana sore sambil membawa anak-anak mereka bermain ditaman ini.


Untuk yang senang fotografi, Taman Tabebuya ini lumayan bagus spotnya, tetapi jika tidak ingin terganggu dengan pengunjung lain memang sebaiknya memilih hari kerja agar hasil foto yang di inginkan juga lebih menarik. Hal yang masih kurang dari Taman ini adalah jenis-jenis bunga yang terbatas, padahal di lokasi ini tanahnya cukup subur dan dingin karena adanya sungai-sungai kecil yang melintas di sekitar taman.Beberapa spot Foto di Taman Tabebuya yang penulis ambil dengan menggunakan kamera Smartphone :























































































0 comments:

Post a Comment